Jumat, 13 April 2012

Belajar


Belajar Asik dan Menyenangkan

Belajar efektif adalah belajar yang menyenangkan, terjadwal dengan baik, tidak memakan banyak waktu sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna. Belajar harus terjadwal dengan baik........, karena dalam bekerja otak kita juga dipengaruhi oleh kondisi fisik kita. Kalau kondisi fisik kita capek, otak kita tidak dapat bekerja dengan maksimal. Kalau otak kita tidak bekerja dengan maksimal, informasi yang kita terima tidak dapat disimpan dengan baik oleh ingatan kita. Akibatnya informasi yang pernah kita terima tidak dapat kita pergunakan lagi saat kita membutuhkannya.
Memiliki motivasi, semangat dan kebiasaan belajar yang tinggi (Learning Culture) sehingga akhirnya belajar dirasakan sebagai kebutuhan. Kreativitas menciptakan suasana yang mampu membentuk motivasi, semangat belajar, dan rasa bahagia untuk terus, terus, dan terus belajar. Kreativitas itu diantaranya . . .
1.      Meja belajar nan rapi. Meja, menjadi salah satu perangkat utama kegiatan belajar, karena akan cepat termotivasi belajar jika meja selalu rapi.
2.      Jadwal pelajaran karya sendiri. Sesederhana, seremeh dan sekonyol apapun ide kita, patut dihargai sebagai sebuah prestasi. Semakin pandai menghargai ide, semakin tinggi rasa percaya diri kita terbentuk.
3.      Musik ringan pemicu semangat. Irama dan musik adalah spesifikasi bidang kerja otak kanan, yang jika diaktifkan akan mampu menghilangkan kejenuhan.
4.      Sampul buku istimewa. Buku itu ibarat makanan pokok bagi proses belajar. Mempercantik sampul buku, bisa menjadi jurus jitu agar anak suka memegang buku.
5.      Beralas Tikar di Kebun. Aroma segar dari alam yang memasuki otak, membawa sensasi emosional yang teramat mendalam sehingga informasi yang diiringinya memperoleh tempat khusus dalam memori otak dan melekat erat di sana.
6.      Bermain kartu matematika. Permainan kartu, sangat menarik perhatian. Bahkan hanya sekadar mengoleksi beragam gambarnya pun sudah senang.
7.      TTS sejarah.  Cara menghafal hanya dengan menggunakan otak kiri, melelahkan dan tidak optimal. Sebaliknya dengan menciptakan sebuah permainan dan teka-teki tentang hafalan tersebut, akan mengaktifkan otak kanan dan membuat hafalan menjadi mudah.
8.      Spidol warna-warni. Sensasi warna akan mengaktifkan otak kanan. Selanjutnya menghilangkan kejenuhan, lelah mata dan kantuk. Maka,  menjadi lebih semangat 'menelan' pelajarannya.
9.      Foto, motto dan hiasan di dinding. Sifat dasar manusia adalah ia suka melihat dirinya sendiri. Kebanggaan itu, bisa dimanfaatkan untuk memacu semangat dalam belajar.
10.  Pembatas buku kreatif.  Walaupun hanya barang mungil yang tampak remeh, namun manfaat pembatas buku cukup besar untuk mempermudah belajar.
11.  Tenda belajar di halaman. Sesekali belajar di luar rumah bisa menghilangkan kebosanan belajar.
12.  Membuat rekaman pelajaran. Memiliki gaya belajar audio, yang lebih suka belajar menggunakan telinga, membuat rekaman pelajaran akan membantu menangkap pelajaran.
13.  Perpustakaan mini. Semakin banyak buku dan fasilitas belajar yang tersedia, akan semakin mudah membangkitkan semangat belajar.
14.  Merangkum dengan mind mapping. Cara kerja otak ternyata tidak linear, tetapi ke segala arah. Itu sebabnya, cara mencatat dengan hanya searah, yaitu horizontal dari kiri ke kanan, justru membuat otak cepat lelah. Dengan membuatnya menyebar ke segala arah, lebih mudah untuk ditangkap otak.
15.  Lagu khusus untuk hafalan pelajaran. Ciptakan lirik khusus sesuai bahan pelajaran yang dipelajari, menggantikan lirik lagu favorit yang sudah dihafal.
16.  Kartu pos rumus-rumus. Semakin menarik membuat hiasan untuk daftar kumpulan rumus, maka semakin bersemangat untuk menghafalnya.
17.  Seluruh rumah adalah tempat belajar. Pintu kamar, televisi, rak buku, hingga dinding kamar mandi yang ditempelkan kartu rumus/hafalan bisa berfungsi sebagai tempat belajar.
18.  Membuat pertanyaan sendiri. Pada dasarnya, orang lebih suka membuat pertanyaan daripada jawaban. Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya, karena secara langsung kita akan menemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar