Jumat, 25 Mei 2012

Kerja sama dan Belajar bersama


Apa yang  mungkin direncanakan Tuhan untuk manusia, tampaknya tidak akan menjadi kenyataan tanpa kerja sama antar manusia. (Stella Terrill Mann). Kerja sama atau belajar bersama adalah proses beregu (berkelompok) di mana anggota-anggotanya mendukung dan saling mengandalkan  untuk mencapai suatu hasil mufakat. Ruang kelas suatu tempat yang sangat baik untuk membangun kemampuan kelompok (tim), yang Anda butuhkan kemudian di dalam kehidupan.
Kerja sama/belajar bersama adalah saling
mempengaruhi sebagai anggota tim, Anda:
  1. Membangun dan membagi suatu tujuan yang lumrah
  2. Sumbangkan pemahamanmu tentang permasalahan: pertanyaaan, wawasan, dan pemecahan
  3. Tanggap terhadap, dan belajar memahami, pertanyaan lain, wawasan dan penyelesaian.
  4. Setiap anggota memperkuat yang lain untuk berbicara dan berpartisipasi, dan menentukan kontribusi (sumbangan) mereka.
  5. Bertanggung jawab terhadap yang lain, dan mereka bertanggung jawab pada Anda
  6. Bergantung pada yang lain, dan mereka bergantung pada Anda
Apa yang dilakukan tim belajar yang baik? What makes for a good learning team?
  1. Kegiatan tim berawal dengan latihan, dan proses pengertian kelompok.
    Seorang instruktur mulai dengan memfasilitasi diskusi dan memberikan nasehat alternatif tetapi jangan membebankan pemecahan pada tim, khususnya bagi mereka  yang sulit bekerja sama.
  2. Tiga sampai empat orang Tim yang besar menyulitkan untuk melibatkan setiap orang
  3. Guru- menempatkan kelompok Menentukan kelompok berfungsi lebih baik daripada menempatkan diri sendiri
  4. Berbagai  tingkat ketrampilan (kemampuan), latar belakang, pengalaman:
a)       Setiap individu memperkuat kelompok
b)       Setiap anggota kelompok bertanggung jawab tidak hanya untuk menyumbangkan kekuatannya, tetapi juga membantu pemahaman sumber dari kekuatan mereka.
c)       Siapa saja yang tidak  beruntung atau  tidak senang dengan  keseluruhan mayoritas  harus diberanikan dan  didorong untuk berpartisipasi secara proaktif.
d)       Belajar adalah pengaruh yang positif dengan peningkatan pilihan berbagai perspektif dan pengalaman untuk memecahkan persoalan, dan memperluas jarak rincian pertimbangan
5.       Tanggung jawab setiap anggota untuk mencapai suatu tujuan ditentukan dan dimengerti melalui kelompok
a)       Jarak kerahasiaan antar anggota kelompok adalah cara terbaik untuk menilai siapa dia dan siapa yang tidak berkontribusi (berpartisipasi)
b)       Kelompok mempunyai hak untuk memecat mereka yang tidak bekerja sama dan tidak berpartisipasi kalau semua bantuan gagal.
(Orang yang dipecat kemudian dicarikan kelompok yang lain yang mau menerima dia)
c)       Seseorang dapat berhenti apabila mereka bekerja banyak dengan sedikit bantuan dari yang lain. 
(Orang ini sering mudah menemukan kelompok yang lain yang akan meneriman bantuannya)
6.       Pembagian prinsip-prinsip pengoperasian dan tanggung jawab, ditetapkan dan disetujui oleh setiap anggota. Semua ini termasuk:
a)       Tanggung jawab untuk hadir, menyiapkan, dan tepat waktu di dalam rapat
b)       Ada diskusi-diskusi dan ketidaksepakatan terhadap pokok persoalan, menghindari kritik perorangan
c)       Bertanggung jawab untuk membagi tugas dan menyelesaikannya tepat waktu Anda perlu melakukan tugas-tugas dengan sedikit pengalaman yang Anda miliki, dengan sebelumnya merasa persiapan tidak sempurna, atau bahkan berpikir yang lain akan berbuat yang terbaik. Terimalah tantangan, tetapi legalah di dalam keadaan bahwa Anda perlu bantuan, latihan, seorang pembimbing, atau harus berhenti dan melakukan tugas yang berbeda.
Proses Mengacu pada Pedoman Proyek Kelompok  Group Project Guide
  1. Buatlah tujuan-tujuan, definisikan seberapa sering dan dengan arti apa Anda akan berkomunikasi, menilai kemajuan, membuat keputusan, dan menyelesaikan persoalan
  2. Definisikan sumber-sumber, khususnya seseorang yang dapat mengarahkan, mengawas, membimbing, dan bahkan mempertimbangkan.
  3. Tinjauan jadwal kemajuan dan komunikasi untuk mendiskusikan apa yang termasuk pekerjaan dan yang bukan.
Tim yang ada persoalan harus diundang atau wajib bertemu dengan instruktur untuk membicarakan kemungkinan penyelesaian. "Belajar bekerja sama sering digunakan di dalam pendidikan K-12, dan  belajar bersama di Pendidikan Tinggi. Lihat juga:  "Kursus teknis belajar bekerja sama (Cooperative learning in technical courses): tata cara, bersembunyi, dan  keuntungan , Richard M. Felder, North Carolina State University & Rebecca Brent, East Carolina University Online Belajar Bersama di Pendidikan Tinggi, primary sites web site yang memberikan banyak waktu  dengan  praktek yang terbaik di dalam  online Belajar Bersama di Pendidikan Tinggi, dengan masalah-masalah  yang terkait.  Tim Roberts, Faculty of Informatics and Communication, Central Queensland University, Bundaberg, Queensland 4670
Kerjasama, atau kooperasi merujuk pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.
Kerja sama dapat sejumlah ranah bisnis, pertanian, dan perusahaan dapat diwujudkan dalam bentuk koperasi. Kerja sama umumnya mencakup paradigma yang berlawanan dengan kompetisi. Banyak orang yang mendukung kerja sama sebagai bentuk yang ideal untuk pengelolaan urusan perorangan. Walau begitu, beberapa bentuk kerja sama bersifat ilegal karena mengubah sifat akses orang lain pada sumber daya ekonomi atau lainnya. Sehingga, kerja sama dalam bentuk kartel bersifat ilegal, dan penetapan harga biasanya ilegal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar